Perempuan Muda Asal Manado Wakili Indonesia ke Diskusi Global G20

by -10 views

Caroline “Dea” Tasirin akan mewakili Indonesia dalam pertemuan G20 youth atau Y20 yang dijadwalkan digelar 18-23 Juli di Italia.

Perempuan asal Manado yang juga Dosen Universitas Sam Ratulangi Manado ini, akan mewakili Indonesia bersama satu perempuan muda lainnya, yakni Puteri Komarudin.

Dea memperoleh gelar Master of Forest Science dari Yale School of the Environment. Dea berpengalaman dalam konservasi, keterlibatan masyarakat dan pendidikan lingkungan, serta aktif berbagi pengetahuan bersama masyarakat adat yang tinggal di sekitar hutan.

Tahun ini Y20 memberi Dea kesempatan untuk mengarahkan perhatian para pemimpin dunia pada masalah lingkungan di Indonesia.

Pertama untuk meningkatkan kesadaran internasional, karena banyak sekali sumber daya atau produk-produk di luar negeri yang sumber daya mentahnya itu diambil dari Indonesia.

Meskipun setiap negara memiliki ekosistem yang berbeda, Dea mengatakan bahwa mencari persamaan di antara negara anggota akan mempermudah penentuan kebijakan lingkungan para pemimpin G20 secara kolektif.

Maka akan jalur inklusi, jalur pekerjaan di masa mendatang, dan jalur kesinambungan dan lingkungan yang sekarang diisi oleh Dea dan Puteri di inklusi, sementara Angelo (wakil Indonesia lainnya) pada jalur pekerjaan di masa mendatang.

Diketahui, setiap tahun para pemuda G20 dari berbagai negara mengadakan pertemuan G20 youth atau Y20. G20 adalah kelompok negara yang terdiri dari Uni Eropa dan 19 negara lainnya yaitu Argentina, Australia, Brazil, Canada, Tiongkok, Jerman, Perancis, India, Indonesia, Italia, Jepang, Mexico, Federasi Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris dan AS.

Para pemuda ini akan membahas kebijakan kebijakan pemimpin negara mereka di masa yang akan datang. Dalam diskusi ini mereka membahas mengenai rakyat, bumi serta kemakmuran.

Sementara, Puteri Komarudin sendiri merupakan politisi muda Indonesia dan Anggota DPR RI dari Partai Golkar. Dia duduk di Komisi XI DPR, yang membawahi bidang perbankan, keuangan dan bidang rencana pembangunan