Tanjung Tonggene, ‘Surga’ Baru KEK Pariwisata Likupang

by -9 views

Potensi keindahan alam dan serta pantai di Kecamatan Likupang, saat ini sudah menjadi sorotan pemerintah dan mata para traveller.

Karena potensi ini, wajar jika pemerintah menetapkan kawasan Likupang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

KEK Likupang sejajar dengan beberapa destinasi wisata populer kawasan lain di Indonesia.

Dari banyak tempat wisata di Likupang, salah satu tempat yang bisa menjadi rekomendasi adalah pantai Tanjung Tonggene.

Lokasinya berada di Desa Tambuasin, Likupang, Minahasa Utara.
Tempat ini sangat menarik karena menawarkan pemandangan yang dan suasana pesisir. Dengan pasir putih halus dan ombak yang cukup kuat tempat ini mempunyai nilai lebih.

Baca: Dulunya Angker, Danau Tampusu Kini Diburu Igers dan Facebookers

Selain pasir putih dan bebatuan hitam yang unik menjadi latar fotografi, lokasi ini juga menawarkan spot indah pecinta fotografi. Ini sangat cocok untuk foto-foto menarik bagi pecinta instagram.

Pasalnya di sekitar pantai ini, ada sebuah tanjung yang sangat unik dengan bebatuan hitam bertekstur tajam yang terbentuk karena hantaman ombak.
Tak hanya itu, ketika air surut di titik ini terdapat kubangan air berisi ikan-ikan yang terjebak, oleh beberapa pengunjung sering menjadi spot foto.

Tidak hanya menawarkan keindahan pesisir dengan pasis putihnya, namun bagi para traveller yang ingin melakukan aktivitas Camping, tersedia titik-titik yang cocok menjadi basecamp.

Namun demikian, keindahan lokasi ini belum sepenuhnya terurus sebagai lokasi pariwisata oleh masyarakat maupun pemerintah.

Belum ada yang menangani khusus untuk mengelola kawasan ini sebagai lokasi pariwisata, karena tempat ini masih berstatus kebun warga.

Sekitar lokasi ini sebenarnya sudah ada kawasan wisata pulau Komang, milik pemerintah Kabupaten Minahasa Utara lewat usaha Anggota DPRD Minahasa Utara (Alm) Denny Sompie.

“Almarhum Pak Denny Sompie sewaktu anggota Dewan sudah mengusulkan anggaran pembangunan kawasan wisata pulau Komang. Pulau tersebut saat ini terdapat Pondok-pondok untuk pengunjung,” tegas Agnes warga setempat.

Baca Juga: ROR dan JS Kemungkinan Dilantik 25 September
Untuk menuju ke Lokasi Tanjung Tonggene memang belum memiliki jalan masuk yang baik. Masih sebatas jalan perkebunan yang belum memiliki akses kendaraan roda empat.

“Ke depan pemerintah harus mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang bukan hanya untuk kaum elite dan berduit, namun oleh semua masyarakat.” tegas Vijey Paru salah seorang media influencer yang mengelola account instagram @kawanuacantik.