Gara-gara hal ini, Peran Kabag Ops Polresta Manado Dipertanyakan

by -104 views

Manado, KOMENTAR.ID–Kondisi Pandemi Covid 19 di Kota Manado saat ini nampak makin memprihatinkan, khususnya dalam hal pengambilan sikap serta penindakan oleh petugas. Dalam hal ini tim Satgab Covid 19 Kota Manado.

Padahal, pemerintah sedang gencar berupaya mengantisipasi penularan virus mematikan tersebut. Baik dari pembatasan jam operasional, hingga rutinitas sosialisasi berkaitan dengan protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat. Bahkan, belum lama ini, Dinas Pariwisata Manado membatasi jam operasional Tempat Hiburan Malam (THM) hanya sampai Pukul 12.00 selama Bulan Puasa.

Bukan hanya itu saja, persoalan yang mendunia itu dianggap serius, hingga harus menjadi perhatian khusus dari aspek penanganan. Namun sayang, hal itu tidak mendapatkan dukungan dari petugas terkait. Bahkan, ada kesan tebang pilih dalam mengambil tindakan ketika lakukan penertiban.

Menanggapi hal tersebut, Tokoh Agama Hj Abid Takalamingan mengatakan.

“Menurut saya keterlaluan. Harus sensitiflah, Ini kan Covid, jadi kita semua menghawatirkan serangan berikutnya. Apalagi ini Bulan Suci Ramadhan, hormatilah. Karena dampak dari ketidakharmonisan kan macam-macam,” kata Ketua Baznas Sulut itu.

Meski begitu, Ia berharap pemerintah dan pihak kepolisian untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut.

“Diharapkan pihak-pihak yang berkepentingan, baik pemerintah kota, pemerintah provinsi dan kepolisian untuk dapat menyelesaikan persoalan ini, supaya tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan. Kepada mereka itu (Hiburan Malam) untuk care, karena kita hidup di daerah yang menjadi kekuatan salah-satunya saling menghargai. Jadi saya sebagai Umat Islam ingin berbicara, jangan seakan-akan di satu sisi kok ada masyarakat yang melakukan Ibadah, disisi lain ‘Maksiat’ jalan terus, lalu dibiarkan. Ini tidak baik,” tegasnya.

Terpisah, Kabag Ops Polresta Manado Kompol Alkat Karouw yang netabene memiliki peran penting dalam tim Satgab Covid di bidang penertiban dan penegakan hukum saat diminta tanggapannya terkait minimnya penindakan bagi pelanggar prokes, justru nampak enggan memberikan penjelasan pasti.

“Langsung ke gugus tugas, mereka yang lebih pas,” singkatnya.

Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Covid 19 Sulut dr Steaven Dandel menuturkan bahwa satgas Covid terdiri dari unsur, TNI/Polri dan Pemda.

“Kabag Ops Polresta Manado kan bagian dari Satgas juga…Bidang Penertiban dan Peneggakan hukum..atau sudah ganti yah?, Nanti saya tanyakan ke Karo Ops Polda…,” tandas Dandel dihubungi via WhatsApp.

Terinformasi, pelaku usaha hiburan malam yang paling disoroti yakni New Good Day Cafe, Marina Bay Cafe dan Atlantis Pub, dikarenakan aktivitas hingga subuh. Ketiga panggung hiburan tersebut berlokasi di Ruko Marina Plaza Manado, yang jaraknya tidak jauh dari Kantor Mapolresta Manado

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments