Empat Ruas Jalan di Minahasa Tertimbun Longsor, Satu Rumah Nyaris Tertimbun

by -52 views

METRO, Tondano- Hujan deras yang mengguyur, Minggu (16/5) lalu mengakibatkan akses pada empat ruas jalan di wilayah Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sempat tertutup karena mengalami tanah longsor. Bahkan satu unit rumah di Desa Kali Selatan, Kecamatan Pineleng nyaris tertimbun longsoran tanah.

Badan Penanggunlangan Bencana Daerah (BPBD) setempat pun langsung turun tangan dengan mendatangi keempat titik itu dan melakukan pembersihan.

Empat titik ruas jalan yang sempat tertutup tanah longsor di Kabupaten Minahasa yakni di Langowan tepatnya penghubung antara Desa Atep dan Palamba. Jalan Desa Simbel menuju ke Desa Wasian, Kecamatan Kakas. Jalan Desa Kali Selatan, Kecamatan Pineleng serta akses dari Tondano ke Kelurahan Marawas dan Makawembeng, Kecamatan Tondano Utara.

“Longsor terjadi karena intensitas curah hujan sejak Sabtu (15/5) cukup tinggi. Namun dalam longsor ini tak ada korban jiwa,” jelas Kepala BPBD Kabupaten Minahasa Novry Lontaan, Senin (17/5) kemarin.

Petugas BPBD yang turun ke lokasi kejadian langsung melakukan pembersihan. Dan berupaya sepenuhnya seluruh akses jalan sudah bisa dilalui.

Pantauan di Desa Kali Selatan, BPBD menurunkan satu unit alat berat untuk melakukan pembersihan material yang tanah yang sempat menutupi akses jalan penghubung dengan Kelurahan Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon. Dimana pada lokasi itu, terlihat pula ruas jalan penghubung tersebut terancam putus karena timbunan tanah akibat longsor yang cukup banyak.

Bahkan terlihat longsoran tanah sempat menutupi akses jalan menuju ke lokasi air bersih yang mengakibatkan beberapa pipa sambungan terputus.

“Satu rumah yang berada di bawah badan jalan nyaris tertimbun materian longsor berupa tanah dan bebatuan. Untung saja hanya mengenai bagian depan rumah. Namun kejadian ini tak mengakibat korban jiwa, baik penghuni rumah maupun warga sekitar,” kata Hukum Tua (Kumtua) Desa Kali Selatan Yunus Tangkuman.

Warga setempat pun berharap kepada pemerintah agar segera memperhatikan ruas jalan tersebut dengan membuah talud penahan. Karena jika dibiarkan begitu saja maka bisa mengancam keselamatan warga yang sering melewati jalan tersebut

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments