Ajukan Pencegahan, Billy Rondonuwu Patahkan Jaringan Mafia Tanah di Likupang

by -57 views

Manado, Fakta88.com – Penerima kuasa semua ahli waris almarhum Ruland Istefanus Mantiri (Rulman), Billy Alexander Rondonuwu mengajukan surat pencegahan sebagai tindak lanjut penjualan bidang tanah di Desa Wineru, Likupang, Minahasa Utara. Billy mengajukan pencegahan ke Hukum Tua Wineru, pada Rabu (19/5/2021). Surat pencegahan itu berkaitan dengan permohonan pengukuran atas tanah Ruland yang terindikasi dijual almarhum Anthoneta Montolalu.

“Kali ini saya mengajukan pencegahan atas tanah yang pernah dilakukan penjualan oleh almarhumah Anthoneta Montolalu (tante Netty Montolalu). Tante Netty memang bagian dari keluarga Mantiri, tapi kalau bicara hak atas tanah-tanah keluarga Mantiri di wilayah Kecamatan Likupang Timur, tante Netty itu tidak memiliki hak atas tanah,” beber Billy, Rabu (19/5/2021), di Manado.

Ada indikasi almarhum Netty menjual tanah mantan ajudan Presiden Soekarno itu menggunakan Surat Pembagian Tahun 1974.

“Coba liat dasar penjualan almarhum tante Netty, pasti terindikasi menggunakan Surat Pembagian Tahun 1974. Surat Pembagian tersebut cacat hukum. Kenapa demikian, karena pembuatannya tanpa sepengetahuan dan persetujuan almarhum Ruland, sebab di dalam Surat Pembagian tersebut memuat tanah-tanah yang sudah menjadi kepemilikan Opa Ruland,” ujar Billy

Ia mengatakan, dalam surat pembagian tersebut, yang bertindak untuk dan atas nama almarhum Ruland adalah Eddy Mantiri. Sementara saat itu Ruland masih hidup.

“Harusnya pembuatan surat pembagian tersebut dengan seijin dan atau sepengetahuan Opa Ruland juga. Toh saat itu dia masih hidup. Dan juga Opa Ruland selaku hulu waris (anak laki-laki dan tertua dari almarhum Opa Louis Mantiri),” jelas Billy.

Ternyata lanjut Billy, semasa hidup Ruland pernah membuat penolakan melalui surat. “Akal bulus mereka diketahui juga oleh Opa Ruland. Untuk itu Opa Ruland membuat Surat Pernyataan Penolakan atas Surat Pembagian 1974,” tutur Billy.

Billy menambahkan, ada informasi ahli waris Netty bernama Donal Tiri pernah memperjuangkan hak di pengadilan tapi gagal.

“Informasi oleh beberapa warga setempat, Donald Tirie juga telah beberapa kali naik turun pengadilan memperjuangkan hak atas tanah demi dan untuk orang tuanya yakni tante Netty namun terindikasi Donald tidak pernah menang,” singgung Billy.

“Ya iyalah, mau menang bagimana memang tidak ada hak kepemilikannya mereka di situ. Apalagi kalau dasar gugatannya menggunakan Surat Pembagian Tahun 1974 yang notabene cacat hukum,” ungkap Billy kepada Fakta88.com, saat ditemui di salah satu Rumah Kopi di Manado.

Diketahui, selain melakukan pencegahan atas obyek tanah yang telah dilakukan penjualan oleh Alm. Tante Netty Montolalu, Billy Rondonuwu pun juga telah melakukan pencegahan ke Kantor ATR/BPN Minahasa Utara, atas penjualan tanah yang dilakukan oleh perempuan bernama Sandra Mamahit, tertanggal 03 Mei 2021.

Tambah Billy, selain obyek tanah pasini yang dijual oleh Alm. Tante Netty, obyek tanah pasini yang juga dilakukan penjualan oleh Sandra Mamahit telah saya cegah sejak tanggal 03-05-2021.

“Pada prinsipnya, siapapun dia, yang namanya Mafia Tanah maka harus diberantas,” tutup Billy.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments