Posting Berita Hoax di Medsos, Media Nasional Lapor THL ke Polisi

by -50 views

Beredar luas di media sosial facebook yang menuliskan salah satu wartawan media siber nasional meminta kontrak kerja sama di Pemkot Bitung.

Informasi ini disebarkan oleh akun facebook Putra Mandolokang dengan judul berita “Yanto Minta Maurits-Hengky Libatkan Resa Lumanu Dalam Kontrak Media”.

Pemilik akun facebook Putra Mandolokang terindikasi merupakan seorang Tenaga Harian Lepas (THL) bernama Jerbas alias JB yang bekerja di Pemerintah Kota Bitung.

Pemimpin Redaksi Inanews.co.id, Helmi Romdhoni kepada wartawan ini menmyebut postingan berita dengan judul tersebut HOAX dan tidak benar.

“Kami tidak pernah membuat berita dengan judul begitu. Itu Hoax,” katanya kepada Newsantara.id, Minggu (23/5/2021).

Menurut Romdhoni, kabar tersebut jelas-jelas hoax dan termasuk doxing serta bullying.

“Ini benar-benar hoax. Akun Facebook Putra Mandolokang yang menyebarkan telah melakukan proses editing atas posting berita yang telah terbit.”

“Dan mengganti dengan judul yang menyudutkan jurnalis kami,” jelas Romdhoni kemudian.

Tambah Romdhoni, kemerdekaan pers seperti terinjak-injak secara tidak langsung, dan masih ada oknum tertentu yang ingin menjatuhkan profesi jurnalis.

“Saya sayangkan kenapa dalam kasus doxing dan bullying ini, harus melibatkan nama pejabat sekelas Walikota dan pengamat sebagai narasumber pemberitaan,” tambahnya.

Lebih jauh Romdhoni menyebut, wartawan INAnews yang turun meliput berita hanya melaksanakan kegiatan jurnalistik sesuai kaidah yang berlaku.

“Wartawan kami yang meliput menjunjung tinggi kaidah jurnalistik yakni UU Pers, kode etik jurnalistik dan pedoman media siber atas dasar kebenaran dan keadilan,” tegasnya.

Oleh karena itu, pihaknya telah melakukan upaya hukum atas pemilik akun facebook Putra Mandolokang yang telah menyebar berita hoax.

Dari penelusuran Newsantara.id, surat pengaduan dari pihak Inanews.co.id telah masuk ke Polres Kota Bitung pada hari Sabtu (22/5/2021) kemarin.

“Kami telah membuat pengaduan polisi dengan nomor STTLP/B/386/V/2021/SPKT/RES-BTG POLDA SULUT,” beber Pemimpin Redaksi Inanews.co.id ini.

Helmi Romdhoni juga meangpresiasi kerja polisi yang akan secepatnya menangani kasus ini.

“Selaku pemimpin redaksi saya apresiasi pihak Polres Bitung yang menerima laporan pengaduannya kami. Saya harap Polres Bitung konsisten dalam menangani kasus ini sampai tuntas,” pungkasnya.

Sementara itu, korban bullying Resa Lumanu yang merupakan wartawan Inanews.co.id di Pemkot Bitung menyebut menyerahkan proses ini kepada polisi.

Saya lapor ke polisi karena merasa sangat terhina dengan berita hoax ini, apalagi menyangkut karya jurnalistik. Pelaku harus segera diproses sehingga tidak ada korban lain, kata Lumanu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments