Pemkot Manado “Haramkan” Buang Sampah di Hari Minggu, Begini Alasannya

by -64 views

Atas nama Pemerintah Kota Manado, Walikota Andrei Angouw meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah pada hari Minggu.

Menurutnya, ini dilakukan sehingga sampah tidak menumpuk pada saat petugas tidak bekerja.

“Saya minta supaya masyarakat bisa ikut menjaga kebersihan Kota Manado. Jadi jangan buang sampah di Hari Minggu, karena tidak ada petugas sampah,” kata Andrei Angouw.

Walikota juga menjelaskan bahwa, waktu buang sampah kepada masyarakat adalah pada hari Senin sampai Sabtu pada pukul 18.00 sampai 06.00.

“Kita buang sampah pada hari Senin hingga Sabtu, karena saat itu petugas sampah bekerja, dan sampah bisa langsung terangkat,” ujarnya.

Angouw meminta perangkat kecamatan hingga lingkungan untuk terus mensosialiasikan waktu buang sampah.

“Mari kita sama-sama mengingatkan kepada warga untuk tidak membuang sampah pada hari Minggu,” tambah bendahara PDIP Sulut ini.

Sementara itu, Pemkot Manado juga memasukan penataan TPA Sumompo sebagai salah satu program utama.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, Franky Porawouw mengungkapkan, Pemkot saat ini sedang memprioritaskan penanganan sampah Kota Manado.

Hal ini menurut Porawouw, mulai dikerjakan dengan memperbaiki ruas jalan yang masuk ke TPA Sumompo.

“Sekarang sudah fokus menata jalan masuk TPA. Ini supaya tidak terjadi lagi penumpukan mobil sampah saat hendak masuk TPA,” terang Porawouw.

Pemkot menurutnya, juga berupaya menata produksi sampah yang seharinya bisa mencapai 400-450 ton.

“Kita terus bekerja maksimal sehingga sampah warga yang mencapai 450 ton per hari bisa teratasi, apalagi saat ini ada 4 alat berat yang membantu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Walikota Manado, Andrei Angouw sudah terjun langsung melihat kondisi TPA Sumompo.

Masih ada kurang lebih 2 hektare lahan yang bisa terpakai untuk membuang sampah, oleh karena itu pemkot akan berupaya untuk bisa memaksimalkan lahan yang ada.

Sekadar informasi, persoalan sampah seakan tak pernah usai. Upaya walikota sebelumnya Vicky Lumentut untuk mengatasi persoalan sampah tak terealisasi.

Sepuluh tahun memimpin, Lumentut gagal mengatasi masalah sampah Kota Manado. Malasah sampah kini menjadi PR Walikota Andrei Angouw

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments