Aturan Ngaco Tiba-tiba Muncul di Jalan Bethesda, Ambulance Dilarang Bunyikan Sirine

by -10 views

Manado, KOMENTAR.ID–Aturan dinilai ngaco tiba-tiba muncul di Jalan Bethesda, Kota Manado, Sulawesi Utara. Di sepanjang jalan ini, mobil patwal termasuk ambulance, dilarang membunyikan sirine.

Pantauan Komentar.ID, Senin (07/06/2021), aturan tersebut tampak dipajang di tengah Jalan Bethesda, tepatnya dekat Patung Samrat dan di dekat RSUD ODSK.

Di papan itu tertulis aturan: Ambulance, Patwal, Dilarang Membunyikan Sirine di Sepanjang Jalan Ini.

Pemerhati Transportasi Kota Manado Terry Umboh menanggapi heran aturan tersebut. Dia malah menilai aturan itu ngaco dan kurang jelas.

“Itu akses jalan ke rumah sakit. Ada dua rumah sakit lewat jalan itu, RSUD ODSK dan RSUP Malalayang. Masa ambulance nda boleh bunyikan sirine?” tanya Terry Umboh saat bersua wartawan di Rukop K8 Sario, Senin (07/06/2021).

Dia mengatakan setiap hari ada belasan atau puluhan ambulance melintasi ruas jalan itu. Sebab RSUP Malalayang adalah rumah sakit rujukan.

“RSUP Malalayang itu rumah sakit rujukan dari semua rumah sakit. Setiap hari banyak ambulance ke Malalayang lewat Jalan Bethesda. Masa ambulance nda boleh bunyikan sirine?” selorohnya.

Di sisi lain mantan Ketua Organda Sulut ini heran karena di papan aturan sama sekali tidak menampakan identitas pembuat aturan.

“Nda jelas aturan itu dari Polda, Polres, dari Dishub atau dari mana. Nda ada identitas di papan itu. Sebagai masyarakat pengguna jalan kami butuh klarifikasi supaya jelas,” tukasnya.

Pihak Dishub Manado yang coba dikonfirmasi melalui Sekretaris Dinas Moddy Monareh, mengaku belum mengetahui adanya aturan itu.

“Belum tahu bro’. Tapi mungkin bukan dari kami, karena itu statusnya jalan nasional. Tapi nanti mo di-cek lagi,” katanya singkat via ponsel Senin (07/06/2021) malam.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments