Kursi Wakil Bupati Sangihe Tetap Kosong Hingga Akhir Periode

by -55 views

Manado, KOMENTAR.ID–Kursi Wakil Bupati Sangihe yang ditinggal Alm Helmud “Embo” Hontong, dipastikan akan tetap kosong hingga akhir periode.

Pengamat Politik Ferry Daud Liando mengatakan, dalam hal terjadi kekosongan wakil kepala daerah akibat meninggal dunia, maka untuk mengganti jabatan tersebut tidak perlu dilakukan pemilihan secara langsung, melainkan hanya dipilih oleh DPRD Kabupaten Sangihe.

“Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 menyebutkan bahwa tugas DPRD adalah salah satunya memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam hal terjadi kekosongan jabatan. Namun demikian pemilihan untuk pengisian jabatan pengganti oleh DPRD dapat dilakukan apabila jabatan wakil kepala daerah masih tersisa waktu di atas 18 bulan,” ujar Liando kepada wartawan via ponsel, Rabu (09/06/2021).

Kemudian jika masa jabatan tidak lagi sampai 18 bulan, maka jabatan atau posisi yang ditinggal menurut dia akan dibiarkan kosong.

“Pasangan Bupati Jabes Gaghana dan wakilnya pak Helmud dilantik pada 22 Mei 2017. Dengan demikian akhir masa jabatan mereka berakhir pada 22 Mei 2022. Jika dihitung sejak sekarang sampai 22 Mei 2022, maka tidak lagi mencukupi 18 bulan. Dengan demikian posisi (wakil bupati) itu tetap dinyatakan kosong sampai masa jabatan berakhir,” jelas Liando.

Diketahui, Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong dikabarkan meninggal dunia dalam pesawat Lion Air JT 740 dari Denpasar – Makassar, Rabu (09/06/2021) petang. Namun penyebab kematiannya belum diketahui secara pasti.

Semasa hidup, pria kelahiran Mahengetang 9 November 1962 diketahui adalah sosok rendah hati dan berjiwa sosial.

Kepribadiannya ini terus ia bawa dan sama sekali tak berubah ketika memangku jabatan sebagai orang nomor dua di Kabupaten Sangihe

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments