Piala Eropa 2020 Bergulir, ini Tim Favorit Juara

by -52 views


Kejuaraan sepakbola Piala Eropa 2020 (Euro 2020) akan kembali bergulir dan melangsungkan kickoff perdana, Sabtu (12/06/2021) Pukul 02.00 WIB.

Turnamen empat tahunan ini adalah edisi ke 16, pesta sepakbola Eropa milik UEFA.

Kejuaraan akan menghadirkan pertarungan 24 tim yang lolos dari babak kualifikasi. Partai Italia Vs Turki akan menjadi pembuka.

Badan sepakbola Eropa ini mendapat lampu hijau menghadirkan suporter dan penonton dengan protokol kesehatan ketat di dalam stadion.

Piala Eropa 2020 ini sejatinya digelar setahun silam, 12 Juni-12 Juli 2020.

Namun, pandemic Covid 19 yang melumpuhkan dunia sejak awal 2020, membuat UEFA menunda turnamen ini menjadi 11 Juni-11 Juli 2021 (Waktu Eropa).

Meski berlangsung tahun 2021, turnamen tetap menggunakan nama EURO 2020.
Kejuaraan ini agak unik jika membandingkannya dengan pergelaran turnamen-turnamen sebelumnya. Kali ini, pertandingan akan berlangsung di 11 kota dari 11 negara berbeda.

11 negara yang menjadi tuan rumah yaitu Azerbaijan, Belanda, Denmark, Hongaria, Inggris, Italia, Jerman, Rumania, Rusia, Skotlandia dan Spanyol.

Bahkan sebelumnya, kejuaraan terjadwal akan berlangsung di 13 kota. Sayang dua kota harus dicoret yakni Brussel, Belgia dan Dublin, Irlandia.

Brussel gagal menjadi tuan rumah, Desember 2017 karena penundaan pembangunan Eurostadium. Sementara Dublin tercoret karena tak ada jaminan kehadiran penonton.

Spanyol juga mengganti kota penyelenggara dari Bilbao menjadi Sevilla dengan alasan keterlibatan penonton.

Stadion Olimpico Roma akan menjadi stadion yang menggelar pertandingan pembuka. Sedangkan stadion kebanggaan Inggris, Wembley akan menjadi tempat pertandingan final.

Turnamen kali ini juga merupakan pertamakalinya menggunakan teknologi Video Asissten Referee (VAR).

‘Opa’ Christiano Ronaldo akan memimpin kawan-kawannya dari Portugal untuk mempertahankan gelar juara bertahan tahun 2016.

Portugal akan berebut gelar dengan beberapa unggulan seperti timnas Prancis, lawan mereka di final 2016 lalu sekaligus juara piala Dunia 2018.

Selanjutnya ada timnas generasi emas yang mulai masuk usia senja, Belgia. Ada juga Timnas Inggris yang coba menghadirkan asa dan semangat ala singa kelaparan.

Timnas Jerman bakal tampil terakhir kalinya bersama sang coach Joachim Low yang akan melepas jabatannya usai turnamen.

Timnas Spanyol juga datang dengan sederet pemain muda dengan mentor beberapa pemain veteran.

Terakhir, ada dua timnas dengan nama besar namun selalu lekat dengan luka, Belanda dan Italia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments