TPA pindah Ilo-ilo, ini rencana Andrei Angouw untuk TPA Sumompo

by -52 views

Manado, BERITA SULUT – Wali Kota Manado Andrei Angouw kembali berkunjung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, Sabtu (12/06/2021) pagi, untuk melihat progres penangangan bongkar aduk sampah.

Sejak ia dan Wakil Wali Kota Richard Sualang dilantik, pertama yang ia lakukan adalah melakukan pertemuan dengan seluruh Camat se-Kota Manado guna membahas persoalan sampah.

Dan ditemui kendala utama adalah terlambatnya pembongkaran sampah di TPA Sumompo karena hanya satu eskavator pembongkar sampah yang tersedia.

Hal inilah yang membuat antrean truk-truk sampah dari kecamatan yang imbasnya penumpukan sampah di tempat-tempat pembuangan sementara baik yang ada di kelurahan-kelurahan maupun di kecamatan.

Dan untuk sementara, TPA Sumompo masih difungsikan sambil menunggu selesainya pembangunan TPA Regional yang ada di Ilo-ilo, yang disiapkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Kiya berkeinginan agar sampah di TPA Sumompo ini ditata supaya nantinya ketika Pengelolaan Sampah Modern di Ilo-Ilo beroperasi, maka sampah di TPA Sumompo nantinya bisa diolah dan dimanfaatkan untuk pupuk, energi listrik dan hal-hal yang bermanfaat lainnya,” ujar Wali Kota Andrei Angouw didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Frangky Porawow.

Dikatakannya, Manado harus lebih baik dari sebelum-sebelumnya terutama bagaimana kita menata estetika Kota agar semakin menarik. Salah satunya adalah Kota Manado harus bersih.

“Makanya penanganan sampah harus bernar-benar dilakukan secara baik dan profesional serta tidak merugikan masyarakat secara umum,” tukasnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments